Peyek dan Geplak Mbok Tumpuk

Lokasi : Jl. Wakhid Hasyim No. 104 Bantul

Jika berada di daerah Bantul tentu sayang rasanya jika Anda melewatkan Toko Mbok Tumpuk. Toko oleh-oleh ini didirikan oleh Mbok Tumpuk di tahun 1975. Peyek dan geplak merupkanan oleh-oleh khas Mbok Tumpuk dan diproduksi sendiri oleh Mbok Tumpuk.Tumpuk ialah nama asli pemberian orang tua perempuan yang kini jadi legenda kuliner Jogja bernama geplak dan peyek tumpuk.

Peyek :

Peyek adalah cemilan yang berbahan dasar kacang tanah, tepung beras, tepung pati, santan dan perpaduan bumbu yang khas yang diuleni kemudian digoreng, dengan rasanya yang gurih tentu saja. Bisa digunakan untuk laik makan, bisa juga dimakan sebagai camilan sehari-hari. Jika umumnya peyek hanya berbentuk lingkaran yang tipis, dimana terkadang kacangnya pun bisa dihitung dengan jari, berbeda dengan peyek Mbok Tumpuk. Peyek Mbok Tumpuk sangat terkenal karena bentuknya sangat tebal, dan padat dengan kacang tanah. Walaupun bentuknya tebal, namun peyek ini sangat empuk. Dikarenakan pemakaian santan yang cukup mendominasi.

Pembuatannya pun cukup sederhana. Tepung yang sudah diberi bumbu dicampur santan dan kacag tanah, aduk terus hingga terbentuk adonan siap goreng. Selanjutnya digoreng sebanyak 3 kali. Penggorengan pertama dilakukan untuk melakukan pembentukan peyek. Selanjutnya dimsukkan ke wajan yang kedua, dengan tujuan untuk melakukan penggorengan hingga kering. Setelah melalui 2 kali penggorengan peyek selanjutnya diangin-anginkan selama 1 hari. “Soalnya itu kan peyeknya tebal, jadi butuh satu hari untuk membuat peyek benar-benar kering dan minyaknya berkurang,” tutur Marni yang sudah puluhan tahun bekerja di Toko Mbok Tumpuk. Tak berhenti sampai di sini, peyek yang sudah diangin-anginkan akan melalui tahap penggorengan yang ketiga atau terakhir agar peyek benar-benar menjadi renyak ketika dimakan.

Geplak :

Makanan yang berbahan dasar kelapa dan gula ini bentuknya sangat sederhana, pembuatnnya pun cukup mudah, namun rasanya sangat legit. Yang dilakukan pertama kali adalah mengupas kelapa muda, kemudian memerasnya. Selanjutnya santan yang dihasilkan dimasak bersamaan dengan gula pasir dan parutan kelapa tadi, kemudian di aduk, dan dimasak diatas tungku. Lagi-lagi proses pemasakan ini juga menggunakan kayu dan tempurung kelapa. Selama dimasak, adonan terus diaduk hingga kurang lebih 4 jam. Setelah tercampur cukup rata dan bisa dibentuk, adonan diturunkan dari tungku kemudian diberi aroma lalu dibentuk bulat-bulat, dan diangin-anginkan selama 10 menit. Jadilah cemilan yang menggoda lidah

Nah buat anda yang ingin membawa oleh-oleh dari Bantul silahkan mampir ke Toko Mbok Tumpuk.

Untuk mampir ke sana anda bisa menyewa mobil. salah satu jasa rental mobil jogja adalah Guntur Sakti. Harga murah dan terpercaya

Simpan

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s