Gudeg Manggar

Lokasi :Jln Raya Srandakan, Kecamatan Srandakan

Yogyakarta sering disebut sebagai Kota Gudeg. Dari kota inilah gudeg mulai menyebar ke seluruh Nusantara dan menjadi sajian populer. Bahan dasar gudeg adalah nangka muda ataut gori dalam bahasa Jawa. Gudeg hadir dalam dua versi, yaitu: kering dan basah.

Khusus di daerah Bantul, ada jenis gudeg lain yang populer, yaitu gudeg manggar. Manggar adalah putik bunga kelapa muda yang dipakai sebagai bahan utama menggantikan nangka muda.

Secara umum, gudeg manggar mempunyai citarasa yang sama dengan gudeg nangka muda. Ini disebabkan karena bumbu-bumbu yang dipakai persis sama. Bedanya adalah pada tekstur nangka muda yang lebih empuk, sedangkan manggar bertekstur lebih krenyes-krenyes. Seperti halnya gudeg, gudeg manggar pun biasanya disandingkan dengan berbagai lauk-pauk, seperti: opor ayam berkuah kental, sambal goreng krecek (krupuk kulit), tahu dan tempe bacem, dan lain-lain. Ada pula yang menambahkan blondo (sisa minyak untuk mengoreng) atau areh (kepala santan kental) untuk membuatnya lebih gurih. Jangan lupa rempeyek, krupuk kulit, atau krupuk lain sebagai pendamping yang memperkaya tekstur kelengkapan sajian ini.

Jadi sepertinya makanan yang satu ini wajib untuk dijadikan oleh-oleh saat berkunjung ke Bantul.

Bila dari Jogja untuk sampai ke sana harus pakai mobil, Anda bisa menyewa di rental mobil jogja Guntur Sakti. Harga sewa mulai dari 50 ribu. Tersedia Mobil Avanza, Innova, elf dan bus

Simpan

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s